Berkreasi Bersama LIPI

Di postingan Kenapa nge-BLOG gue udah cerita kenapa gue bikin blog ini, salah satunya adalah rezeki 20 juta yang asalnya dari nulis. Sekarang, gue bakal ngebuka rahasia dikit darimana duit itu berasal. 60% duit itu berasal dari LIPI !

Gambar : Dokumentasi Pribadi
Gambar diatas merupakan dokumentasi pribadi gue bersama 2 peneliti LIPI. Yang kiri itu adalah mentor gue, namanya Pak Anggoro. Beliau masih 37 tahun tapi gelarnya udah Doktor dan udah setengah jalan lagi untuk jadi Profesor riset. Beliau jebolan DAAD (Beasiswa Jerman) dan Monbukagakusho (Beasiswa Jepang). Inget-inget tentang Monbu bikin gue jadi baper, baru kemarin pengumuman written test tapi gue ga lolos, hiks (malah curhat). Beliau kantornya di Pusat Penelitian (Puslit) Geoteknologi LIPI Bandung. Yang kanan itu Bu Evi, beliau juga lulusan Jerman tepatnya bidang life sciences sehingga gelarnya Dr. rer. nat. (Rerum Naturalium). Baru denger kan ? sama, gue juga. Beliau ini adalah spesialisnya komodo, maksudnya peneliti senior tentang komodo atau bahasa bekennya Zoologist. Kantor beliau di Puslit Biologi LIPI Cibinong, Bogor. Lalu yang tengah itu entar juga bakal ke Jerman, entar malem kalau mimpi.

Bagi yang belum ngerti apa itu LIPI, gue kasih tau. LIPI itu singkatan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Lembaga ini adalah pusatnya data-data riset di Indonesia. Wah, kalau tentang riset, lalu bedanya sama Kementerian Riset, Teknologi (Sekarang dilebur sama DIKTI) apa dong ? Gamblangnya gue pake permisalan DNA dan RNA. umpamain aja LIPI itu RNA sedangkan KemristekDikti ini DNA nya. KemristekDikti ini selaku pembuat kebijakan riset sedangkan LIPI sebagai pelaksananya.

Sama-sama tentang riset tapi mereka beda gedung meskipun satu atap. LIPI ini adalah lembaga non pemerintahan dan bukan bagiannya Kemenristek, tapi mereka kerjasama untuk memajukan riset Indonesia. Nah LIPI ini juga punya pemimpin disebutnya Kepala LIPI. Bukan Menteri tapi jabatannya sejajar dengan Menteri. 


Gambar : Bersama Kepala LIPI Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain

Uniknya disini nih, semua litbang (penelitian dan pengembangan) Kementerian kudu nyetor data ke LIPI. Mau sidang naik jabatan ? Disidangnya di LIPI (khusus untuk peneliti di Kementerian, bukan semua pegawainya). Gue dapet informasi ini dari temen yang kerja di bagian data penelitian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dijamin valid

Nah apa sih yang gue kreasikan bersama LIPI ini ? Salah satunya adalah postingan tentang abu vulkanik kemarin. Belum baca ? klik di sini Tapi itu masih sebagian kecil dari apa yang gue kreasikan bersama LIPI. Kalau diitung itung gue udah ngehabisin 10-30 juta rupiah untuk analisa di LIPI tapi semua itu gratis karena 10 halaman proposal yang gue ajuin sekitar bulan Mei 2014. Gue juga bisa kenal deket dengan 2 orang hebat digambar diatas serta foto bareng sama kepala LIPI juga gara-gara proposal. Proposal apaan ? Sering-sering aja buka ini blog siapa tau ada postingan baru

    Blogger Comment

0 comments:

Poskan Komentar