PPAB Himatek ITB 2016

Dalam dunia kuliah tentu tidak hanya berbicara masalah akademik namun juga ada kegiata-kegiatan positif yang saling mengisi satu sama lain, salah satunya yaitu kegiatan berhimpun. Himpunan yang dimaksud adalah kumpulan mahasiswa dengan jurusan/profesi yang sama sebagai wadah aktulisasi diri. Salah satu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di Institut Teknologi Bandung (ITB) ialah Himatek (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia) yang telah berdiri sejak 60 tahun yang lalu dengan departemen Teknik Kimia yang telah berdiri sejak tahun 1941.


Berbeda dengan universitas lain, sistem akademik di ITB yang mengharuskan mahasiswa menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB) membuat kegiatan berhimpun baru mulai dilakukan pada semester tiga, setelah mendapatkan jurusan. Tentu, proses untuk berhimpun ini melalui proses pengenalan ataupun seleksi. Metode/kegiatan pra himpunan di Himatek ini disebut Proses Penerimaan Anggota Baru (PPAB) dengan mahasiswa FTI 2015 sebagai objek Cahimatek yang akan menjadi bagian kedepannya.

PPAB Himatek 2016 ini berlangsung dari tanggal 8 hingga 18 Agustus 2016. Adapun berbagai rangkaian acara dan tugas yang harus dipenuhi oleh Cahimatek untuk memenuhi persyaratan bergabung dalam himpunan tersebut. Peserta terdiri dari 177 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 sub-jurusan yaitu Teknik Kimia Umum, Teknik Pangan dan Teknik Bioenergi. Ketiga jurusan ini dulunya masih disebut Teknik Kimia. Dikarenakan cakupan keilmuan Teknik Kimia (TK) ini cukup luas maka dipecahlah menjadi 3 prodi dengan spesialisasi masing-masing.

Sebelum menjalani rangkaian acara PPAB, peserta diwajibkan untuk membuat beberapa perangkat/perlengkapan, diantaranya : Namezane (name tag berbentuk cincin benzena), Splitter (Seputar obrolan bersama tekkim senior), Absorber (Aktivitas obrolan bersama) dan Katalis (Rekapitulasi catatan tertulis). Semua dikerjakan secara pabrikan dan individu

Namezene



Splitter


Absorber

 
Katalis


Proses pengerjaan tugas



Yah memang.. untuk mendapatkan sesuatu yg bernilai cukup membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Namun kami yakin bahwa yang kami lakukan ini tidak akan sia-sia. Banyak orang pintar diluar sana tapi orang yang dapat bersinergi masih sedikit.

Salam


    Blogger Comment

0 comments:

Poskan Komentar