Berani Beda dengan Berwirausaha #4

Pengalaman penjualan kacamata matahari yang cukup besar ternyata dimanfaatkan seorang pedagang di tokopedia untuk memanfaatkan dropship. Ini yang membuat saya menyesal karena saya hanya membuka dagangan di buka lapak dan mendeskreditkan tokopedia. Ternyata malah tokopedia lebih diminati banyak orang. Yah nasi sudah menjadi bubur. Saya pun beralih ke tokopedia.com dan memasang seluruh dagangan saya disana. Benar saja, tren penjualan lewat tokopedia naik drastis !! Gak percaya ya ?





















35 juta berhasil saya kantongi (penghasilan kotor) dari 167 transaksi online, belum termasuk transaksi offline (direct transfer) yang kira-kira mencapai 20 juta sejak maret hingga agustus ini. 

Disamping jualan alat lab saya masih memanfaatkan peluang usaha yang ada di kampus, misalnya jualan kerosin saat praktikum pirolisis. Jasa printing tugas/modul sampai bikin logo luca's printing. Mungkin beberapa teman menganggap saya mata duitan karena terus-terusan jualan. Tapi sebenarnya ada maksud tertentu dari saya sendiri yakni mencoba mengeksplor kemampuan dan pengetahuan saya mengenai bisnis. Dapat ilmu ? ya pasti lah. Misalkan saja bisnis printing ini, pernah dalam sehari saya mendapatkan uang 300 ribu rupiah dari hasil jualan modul pesanan anak-anak FTI 2015. Saya begadang sampai jam 3 pagi untuk mengeprint pesanan, tidur hanya 2 jam. Apa dampaknya ? lemas, letih, lesu tapi tetep senang karena dapat duit. Kemudian saya merenung, apakah uang banyak bisa memberikan kebahagiaan ? Belum tentu. Disini saya belajar efisiensi usaha, keberhasilan suatu usaha tidak mesti dipatok dari penghasilan bersih, tetapi efisiensi !! seberapa besar tenaga yang kita keluarkan untuk menghasilkan uang. Semakin rendah tenaga kita dalam menjalankan usaha, semakin bagus usaha yang kita jalani karena kita telah berhasil mengontrol jalannya usaha tersebut.

Hal inilah yang membuat saya untuk merekrut karyawan yang membantu saya dalam packaging dan pengiriman ke ekspedisi karena hal tersebut yang benar-benar menyita waktu saya, waktu belajar dan kuliah. Meskipun penghasilan bersih saya berkurang, namun usaha tetap jalan dan kuliah pun tetap fokus. Buktinya, disaat saya ospek jurusan saya masih tetap mendapatkan pemasukan. Inilah yang namanya sistem, how self employed becomes business owner. Saya melepaskan beberapa tugas saya dan lebih concern untuk pemasaran dengan waktu yang lebih banyak.

Gambar dibawah merupakan penghasilan kotor saya dalam waktu 1 minggu, 5 - 12 agustus 2016. Dalam seminggu ini saya sibuk persiapan dan ospek jurusan yang jelas sangat menyita waktu. Bisnis jalan, osjur tetep jalan.


Saat ini Luca's Labs telah bertransformasi menjadi Laboratorindo.com dan saya sebagai executive marketing, sebuah website yang nantinya diharapkan menjad situs terlengkap untuk urusan penelitian dan hal berbau eksperimen/laboratorium, menjadi acuan dan bantuan bagi mahasiswa yang sedang penelitian atau seseorang yang memiliki project pribadi yang membutuhkan alat-alat laboratorium.

Saya berharap bisnis ini bermanfaat bagi banyak orang terutama mahasiswa dan peneliti dan besar harapan saya sebelum bulan desember resmi menjadi sebuah CV. yang dapat mengikuti lelang pengadaan barang tahunan di beberapa instansi. Mohon do'anya juga ya :)

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar