Kumpulan Karya Ilmiah dan Essay #1

Sekian tahun file-file yang saya anggap berharga ini mengendap di hardisk saya, akhirnya saya memutuskan untuk mengunggah semua karya tulis yg saya buat dari November 2013 hingga Januari 2015. Dari karya tulis dan essay inilah saya mendapatkan pengalaman yg sangat berkesan. Jangan takut untuk mencoba karena  semua berawal dari hal yg kecil.

Karya pertama saya merupakan hasil penelitian tentang zat antibakteri dalam ekstrak Hydrocotyle Sibhorpioides. Yg kelas 11 SMA tentunya sudah mendapatkan materi mengenai karya tulis ilmiah namun menurut saya itu hanya 30% yg dapat diaplikasikan dalam pembuatan karya ilmiah yg digunakan untuk perlombaan. Ada banyak poin yg perlu diperhatikan sehingga karya ilmiah terkesan singkat dan jelas untuk menyampaikan hasil penelitian, bukan untuk menghasilkan sebuah novel bahkan roman (beuh lebay).

DOWNLOAD LKTI PERTAMA
https://drive.google.com/open?id=0B2cqT-h8GzHMUEdvTFBwV3pRbUU

[Cara download : Langsung klik icon download diatas, file dalam bentuk .rar]


Tulisan pertama ini saya lombakan dalam kompetisi karya tulis dengan peserta umum (siswa, mahasiswa, guru/dosen, masyrakakat umu) yg diadakan oleh kafapet (keluarga fakultas peternakan) UNSOED pada bulan desember 2013. Dengan total 60 halaman lebih  lebih, saya mendapatkan juara harapan II (juara terakhir wkwk) dengan hadiah 1 juta rupiah. Lomba ini tidak melalui tahap presentasi sehingga langsung keluar pengumuman juara melalui penilaian paper.

Capaian pertama ini membuat saya lebih semangat dalam membuat karya tulis. Mindset saya waktu itu dengan juara ke-5 saja mendapatkan 1 juta sehingga membuat saya berpikir bahwa mendapatkan prestasi sangatlah produktif karena selain mendapatkan pride juga mendapatkan pemasukan untuk jajan, biasa lah anak SMA.

Seiring berjalannya waktu, tentu pemikiran tentang penelitian semakin berkembang. Rasa keingintahuan menjadi lebih mudah untuk direpresentasikan karena sudah mendapatkan channel yang dapat merealisasikannya entah di laboratorium ataupun di lapangan. Penelitian pertama saya tersebut dimbimbing oleh 3 dosen dari Universitas Setia Budi Surakarta, yaitu Dra. Peni Pujiastuti M.Sc., Apt. ; Andang Tri Wibawa S.P., M.Sc ; Fransisca Levina, M.Sc. Selain itu, juga para laboran di laboratorium Fitokimia dan Mikrobiologi ada Mas Richard, Mas Tikno, Mbak Cinta dan Pak Hendricus. Laboran-laboran tersebut yang membantu saya menyiapkan peralatan di laboratorium. Dosen hanya sebagai supervisor (pengawas) dan mengkoreksi apa yang sudah saya lakukan di laboratorium. Dari mereka lah saya mendapatkan ilmu yang sangat berharga dan membuat saya lebih peka terhadap lingkungan.


Mungkin pada bertanya, masih SMA tapi dibimbing oleh dosen. Pada dasarnya, dosen tidak berbeda jauh dengan guru SMA. Mereka welcome dengan pemikiran-pemikiran yang kita bawa. Tentu tidak mudah untuk menarik hati dosen tersebut agar tertarik dengan topik penelitian yang kita tawarkan. Mungkin keberuntungan saja waktu itu, dosen pertama saya Bu Peni langsung memberikan kontak Pak Andang untuk berkonsultasi lebih lanjut dan di hari itu juga saya mengeksekusi sampel yang saya bawa.

5 Bulan kemudian saya mendapatkan informasi mengenai LKTI di Fakultas Farmasi UII Yogyakarta. Momentum yang sangat tepat karena penelitian saya ini 100% famasi dengan grand design obat tradisional yang berstandar. Tapi.. untuk membuat obat herbal berstandar membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Butuh minimal 4 hingga 8 tahun untuk membuatnya beredar di masyarakat setelah melalui uji laboratorium mulai : in vitro, in vivo, uji toksisitas dan uji dari BPOM.

Yg membuat saya agak kagok yaitu jumlah halaman yang disyaratkan dalam lomba tersebut yaitu 15 halaman !! Bayangkan, dari 60 halaman harus dibuat menjadi seperempatnya tanpa merubah inti dari penyampaian hasil penelitian. Itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya, namun pengalaman mengikuti forum ilmiah cukup membantu atau bahkan sangat membantu untuk memunculkan ide tulisan yang compact. Dari sini saya belajar bahwa pembuatan karya tulis ilmiah tidak perlu bertele-tele dengan lembar yang sangat tebal.


DOWNLOAD LKTI COMPACT

Yak Selesai sudah 15 halaman dan saya presentasi bersama 10 finalis lainnya di Fak. Farm. UII dan Alhamdulillah mendapatkan juara pertama. Bonusnya berupa trophy, sertifikat dan uang 2.5 juta rupiah (langsung beli HP baru wkwkw)

Hmm.. 60 halaman lalu 15 halaman, lalu presentasinya berapa slide ? 10 slide cukup !! Karya lainnya bisa lihat di postingan blog ini. Baca semuanya biar viewersnya naek haha. Terima kasih

Btw follow IG saya : lucacadl 

1 comments: